Kamis, 27 Oktober 2016

Pahlawan dimasa dulu dan kini

Pahlawan Kita Dahulu dan Sekarang


Jika dahulu kata “pahlawan” selalu identik dengan para pejuang yang gagah berani, yang pantang menyerah, berjuang memerdekakan bangsa dan negara sampai titik darah penghabisan gugur sebagai kusuma bangsa, siapakah pahlawan-pahlawan kita di zaman ini? Sudah lama para guru meskipun masih hidup disebut sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Tanpa mengabaikan profesi yang lain, profesi guru layak mendapat sebutan itu karena profesi guru adalah profesi yang mulia, yang membentuk akhlak para kaum muda menjadi pemimpin bangsa. Siapakah pahlawan-pahlawan kita sekarang. Inilah hasil permenungan saya.
Pertama-tama, yang kita harapkan adalah, semua mulut, seluruh umat manusia berteriak dengan lantang menyebut bahwa orang tua kita adalah pahlawan kita yang utama. Orang tua kita telah berjuang, berkorban, bekerja tanpa mengenal lelah, kaki menjadi kepala, kepala menjadi kaki demi  kehidupan dan masa depan anak-anaknya. Layaklah karena pengorbanan mereka kita berani berkata, “orang tua kita adalah pahlawan kita”.
Selanjutnya pahlawan kita di zaman sekarang adalah para pejabat yang tertib, disiplin, jujur, yang melayani rakyat tanpa terbujuk oleh manisnya uang, tidak tergoda korupsi. Ia berani hidup sederhana, yang dalam bekerja selalu berorientasi pada kesejahteraan rakyat yang dilayaninya. Hatinya selalu dekat dengan rakyat yang sering  dipinggirkan. Mereka berani melawan arus. Mungkin ia tak populer, tak cemerlang, tapi hidupnya bersinar, yang hatinya selalu tenang damai. Kepada para pejabat yang lurus hatinya inilah nasib bangsa disandarkan.
Pahlawan kita di zaman sekarang adalah para petani, para nelayan, yang setiap hari bekerja keras, tanpa menghiraukan teriknya matahari, dan derasnya air hujan yang menerpa tubuhnya. Ia terus bekerja tanpa menghitung berapa keuntungannya atau berapa ruginya. Mereka tak pernah kapok mekipun hidupnya selalu nombok. Meskipun tujuan utama mereka adalah sekadar mencukupi kebutuhan keluarga, namun ternyata mereka juga mencukupi kebutuhan negara.  Berkat mereka badan kita sehat sentosa.
Pahlawan kita di zaman sekarang adalah para tentara, Angkatan Darat, Laut, dan Udara yang dengan gagah perkasa dan waspada terus menjaga kedaulatan negara dan bangsa. Mereka tak mengenal korupsi dalam upaya menjaga keutuhan NKRI. Mereka terus berpatroli, menjaga perbatasan wilayah negara dari serangan dan serobotan negara tetangga yang sering kurang bersahabat, menggunakan kesempatan dalam kesempitan. Mereka rela meningalkan keluarganya demi tugasnya.
Pahlawan kita di zaman sekarang adalah para wartawan yang selalu menulis berita dengan jujur. Jika salah dikatakan salah, jika benar dikatakan benar, yang tak luntur karena uang dan suap, yang tak undur oleh ancaman dan gertak. Ia terus menulis tentang kebenaran. Ia terus menulis tentang jeritan dan aspirasi rakyat. Para wartawan pahlawan adalah wartawan yang selalu menyuarakan kebenaran, keadilan, demokrasi dan kesejahteraan.
Pahlawan di zaman sekarang adalah para dokter dan petugas kesehatan yang dengan dedikasi tinggi menjaga kesehatan masyarakat, sampai di daerah pedalaman, di pulau terpencil, di daerah yang tak pernah tersentuh oleh pembangunan, yang rakyatnya jauh dari kemajuan. Para dokter dan petugas kesehatan itu rela berkorban, tak mengutamakan kepentingan pribadi, dengan satu cita-cita, rakyatnya sehat sejahtera. Ia bahagia jika yang dilayani bahagia.
Pahlawan di zaman sekarang adalah para polisi yang menjalankan tugasnya dengan penuh dedikasi, tanpa tergiur untuk korupsi serta mendapatkan keuntungan tinggi. Mereka menjaga keamanan masyarakat dan negara tanpa mengenal takut dan lelah walau nyawa sendiri menjadi taruhannya. Tanpa henti mereka memburu para penjual narkoba yang merusak bangsa khususnya kaum muda.
Pendek kata pahlawan di zaman sekarang adalah setiap manusia yang hidupnya didedikasikan pada kemajuan, kesejahteraan bangsa dan negara. Ia hidup lurus, jujur, membawa damai, dan kemajuan . Pahlawan adalah setiap orang yang selalu hidup dalam kebenaran dan kebaikan selaras dengan kehendak Tuhan.

Mari kita meneladani para pahlawan dengan cara hidup jujur, berdedikasi, bermartabat dan bermanfaat. Selamat merayakan Hari Pahlawan

sumber : disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar